Rabu, 09 November 2011

Younha, My New favorite singer !!

Ada penyanyi yang aku suka niih...
lagi-lagi My Unyuuu lah yang memperkenakan penyanyi ini padaku..
aku jatuh cinta pas pertama kali denger lagunya yang berjudul "My Song and ... "


okay... okay... Kalo sekarang sepertinya lagi terserang demam Korea, dengan SuJu, Big Bang, 2NE1, Wonder Girls, SNSD atau apapun namanya, harusnya kalian mencoba artis yang satu ini. Younha.

Ya bila dibandingkan dengan SNSD yang lagi booming banget, (bahkan ada forum SNSD hater segala) mungkin gadis yang satu ini gak ada apa-apanya. Tapi kalo kamu mencari bakat yang tidak sembarangan, akan ada dalam diri Younha. Wajah, ya standar Korean-chicks (terkesan sederhana) tapi kemampuannya bermain piano yang ajib, memetik gitar (baru belajar sepertinya), mencipta lagu, dan berbahasa Inggris yang fasih (mengcover lagu dari Bon Jovi dan Kelly Clarkson) sepertinya tidak ada dalam diri artis wanita lain yang hanya menjual gaya provokatif, kaki jenjang dan mulus yang bahkan lalat pun bisa terpleset. Bahkan range vokalnya bisa mencapai genre rock, pop, ballad, jazz, blues, setidaknya itulah yang diakui oleh beberapa pemerhati K-pop di dunia nyata dan maya. Younha-lah satu-satunya artis Korea yang album Hangul-nya rela saya cari di dunia maya, walaupun bahasa-nya tidak mudah dimengerti apalagi dieja, tapi aura musisinya lebih mengena di hati. Belakangan disebutkan, Younha sedang apes karena tidak ditangani tim promosi yang baik. Terbukti dalam beberapa tahun belakangan ini, rilisan Jepang-nya kurang greget. Tapi di Korea, rilisan albumnya selalu menempati urutan pertama!.

Nama : Go Yoon-ha 고윤하 (Korea), Yunna ユンナ (Jepang), Younha
TTL  : Seoul, 29 April 1988
Genres : J-Pop, K-Pop, pop rock, ballad
Labels : Epic Records (Japan, 2004-2007), Geneon Entertainment/Sistus Records (Japan, 2008-sekarang), Stam Entertainment (South Korea, 2006-sekarang)
Younha dikenal di Jepang lewat lagu-nya Houki Boshi yang kebetulan diplot menjadi salah satu soundtrack anime Bleach. Penjualan single tersebut laris manis, hingga ia dijuluki Oricon comet. Saat itu ia baru berusia 16 tahun, memilih untuk merantau ke Jepang untuk mengikuti jejak idolanya, Utada Hikaru dan Misia. Gadis kelahiran Seoul, Korea Selatan ini telah belajar bermain piano sejak usia 4 tahun, saat remaja dia belajar bahasa Jepang dari hobinya menonton dorama Jepang. Lalu, ia mulai tertarik dengan musik Jepang lewat Utada Hikaru dan Misia yang kebetulan direkomendasikan beberapa temannya.
Ia pun berusaha untuk mewujudkan impiannya menjadi seorang penyanyi dengan mengikuti audisi, dikatakan sekitar 20 audisi telah diikutinya. Dan menurut pengakuan Younha, ia mendapat penolakan dari beberapa label, karena tidak dianggap cukup cantik walaupun telah bernyanyi dengan amat baik (dunia memang kejam!!)

Akhirnya, setelah seorang produser dorama mendengar demo tape-nya, single Yubikiri-nya terpilih menjadi lagu pengisi dorama Fuji TV Tokyo Wankei ~Destiny of Love~, yang kemudian di bulan Oktober 2004, ia merilisnya menjadi single debut resmi, Yubikiri ~Japanese version~.
Single kedua, Houki Boshi menjadi hit dan berhasil menembus top 20 Oricon chart, menjadikannya artis Korea kedua setelah BoA yang berhasil menembus top 20 Oricon chart (Jepang). Tapi beberapa single setelahnya mengalami penurunan, kemungkinan karena kurangnya promosi oleh labelnya saat itu Epic Records. Setelah merilis 5 single, Younha akhirnya merilis album pertamanya, Go! Younha dan menembus top 10 Oricon chart

Berbanding terbalik dengan Jepang, Younha sangat sukses di Korea, selain angka penjualan album pertamanya, 고백하기 좋은 날 (Gobaekhagi Jo-eun Nal/The Perfect Day to Say I Love You) sangat tinggi, ia juga mendapat beberapa penghargaan di tahun 2007 salah satunya sebagai Best New Solo Artist. Ia pun tidak lupa untuk merilis album Go! Younha versi Korea. Masih belum puas menaklukkan Jepang, tahun 2008, Younha merilis album Best of dan DVD berjudul SONGS -Teen’s Collection-.

Untuk lebih tau album-album selanjutnya Younha just click in HERE

*Cioa.. xoxo y

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar